Thursday, December 5, 2019

Menulis Setiap Hari Perlu Bagi Saya

Bagus Styoko Purwo

Minimal satu tulisan per hari, itu sudah bagus. Usaha membiasakan melatih menuangkan ide atau bercerita melalui tulisan. Adakalanya sulit betul membuat satu alenia. Baru satu kalimat mampet. Persis usaha menyelesaikan paragraph pertama ini.

Saya ingin terampil sekali menulis. Saya ingin mahir menuangkan opini, mengulas buku, menyusun cerpen, menyelesaikan novel, dan segala ide yang ada di kepala mudah tertuang di papan tablet atau di hadapan monitor pc.

Satu-satunya upaya saya harus membuat silabus belajar menulis. Selama satu minggu pertama, belajar mengulas buku-buku pilihan. Minggu ini jatuh pada buku yang berjudul Kitab Rasa. Saya menantang diri untuk membuat lebih dari tiga versi ulasan buku ini dan dikirimkan ke media cetak dan online.



Kesulitan mengulas buku saya rasakan pada pengambilan kesimpulan per bagian buku. Buku ini adalah kumcer terbaru Puthut EA. Hanya delapan cerpen, tapi saya membacanya lebih dari sekali. Bahkan masih saya buka lagi halaman yang hendak saya kutip.

Judul pertama untuk ulasan pertama sudah selesai. Saya juga harus membiasakan diri menyelesaikan tulisan. Nasehat mas Puthut agar menyelesaikan tulisan saya garis tebalkan sebagai sikap yg harus tertanam dalam seorang penulis. Iya, saya sedang berusaha menulis ulasan buku.

Semoga dalam satu minggu ini target tiga ulasan yang berbeda untuk satu buah buku berhasil saya lalui. Dan blog ini saya percayakan untuk mempublikasi tulisan-tulisan harian saya. Saya beri label LatihanMenulis.

Sekian

No comments: