Wednesday, September 16, 2015

Jalan Lapang Bagi Pengguna Jalan (Lomba Blogging ditlantas PMJ 2015)

Jalan Lapang Bagi Pengguna Jalan

Bagus Setyoko Purwo
Sebagai pengguna jalan yang hampir habis termakan kemacetan harian, saya menginginkan terus aparat polisi membantu sirkulasi lalu lintas. Kemacetan terbilang menjenuhkan, bahkan sebagai penyebab kekesalan yang suka terlampiaskan pada sesama pengguna jalan. Saya beranggapan, kalau saja para pengguna jalan sanggup menahan diri untuk mengikuti alur lalu-lintas, hal-hal yang makin memacetkan jalan nihil dengan sendirinya.
Aparat Polisi yang ditugaskan di banyak titik kemacetan telah berupaya memaksimalkan diri mengatur laju arah para pengemudi kendaraan. Kalau pun masih terdapat kemacetan yang menghadang laju kita, saya rasa karena kepadatan kendaraan yang melintas. Namun untuk keadaan yang demikian, saya mengharapkan aparat Polisi selalu berada posisi yang menyebabkan kemacetan bias terurai. Antisipasi seperti pemberlakuan laju buka tutup yang saya jumpai, atau pengalihan rambu-rambu darurat yang sedemikian baiknya sudah terasa mengurangi laju kemacetan.
Jalan lapang bagi pengguna jalan ialah dambaan bagi siapa saja. Hanya saja di beberapa titik jalan kota besar saya masih menyaksikan beberapa aparat polisi yang sepertinya sengaja melakukan pemeriksaan kendaraan di jalan yang padat kendaraan. Dampaknya, justru kemacetan mengekor panjang.

Memang tak ada yang keliru jika penertiban dilakukan oleh mereka, namun patutnya melihat kondisi yang memadai melakukan pemeriksaan kelengkapan bagi para pengendara. Selebihnya, saya mendambakan aparat Polisi yang bertugas mengurai kemacetan mempunyai banyak alternative pemecahan masalah kemacetan harian yang dinamis. Sebab penyebab kemacetan tidak hanya disebabkan oleh padatnya kendaraan, bisa pula karena kendaraan mogok, atau kecelakaan. Nah, dari sekian penyebab kemacetan tersebut, kecermatan aparat Polisi diperlukan segera. Sebabnya, jalan lapang bagi pengguna jalan tidaklah melulu menambah luas ruas jalan, atau menambah ruas jalan baru. Aparat polisi sebagai sahabat masyarakat mestinya menjadi moto yang mempribadi dalam setiap anggota polisi, terutama polisi lalu lintas.

No comments: